Selasa, 15 Januari 2013

Alur Registrasi / Heregistrasi


PROSEDUR  OPERASIONAL  STANDAR (POS)
REGISTRASI/HERREGISTRASI  DAN  PENGISIAN 
KARTU  RENCANA STUDI  MAHASISWA  SEMESTER GENAP
TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNIVERSITAS MULAWARMAN
(Akses  Informasi di  http://sireg.unmul.ac.id)

Alur Proses Registrasi / Heregistrasi
Herregistrasi/registrasi mahasiswa dilaksanakan oleh Bagian Pendidikan BAAK Unmul. Heregistrasi/Registrasi adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh  seluruh mahasiswa, selama masih aktif terdaftar dan belum lulus disuatu program studi yang ada dilingkungan Universitas Mulawarman. Herregistrasi/registrasi  dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil dan semester genap.

Registrasi/herregistrasi dan pengisian Kartu Rencana Studi mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2012/2013 di lingkungan Universitas Mulawarman dilaksanakan secara online mulai tanggal 8 s/d 31 Januari 2013,  dengan alur sebagai berikut:

A. Proses Herregistrasi
  1. Membayar SPP pada Bank mitra Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan BanKaltim.
  2. Bagi mahasiswa yang mengajukan penundaan pembayaran SPP dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor Universitas Mulawarman, sebelum pelaksanaan pembayaran SPP dan herrregistrasi dimulai.
  3. Bagi mahasiswa penerima Beasiswa BIDIKMISI sebelum herregistrasi harus menunjukkan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh BAUK Universitas Mulawarman kemudian diverifikasi oleh petugas helpdesk Bagian Keuangan BAUK Universitas Mulawarman.
  4. LOGIN ke sistem registrasi/herregistrasi online http://sireg.unmul.ac.id dengan menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), mengisi password portal akademik (password yang sama pada semester sebelumnya dan diberikan hanya satu kali sampai mahasiswa menyelesaikan studinya) serta memindahkan kode security.
  5. Melengkapi dan mengisi biodata di sistem online (jika ada perubahan data).
  6. Meng-Klik  Tombol  “Registrasi”. Pastikan nama anda sudah terdaftar dan telah melaksanakan herregistrasi pada semester genap tahun akademik 2012/2013.
B. Proses Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)
  1. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dilakukan setelah melewati proses registrasi/herregistrasi dengan mengakses sistem KRS online di Portal Akademik http://portal.unmul.ac.id dengan user ID NIM dan password yang sama pada semester sebelumnya.
  2. Mengklik tombol "Kartu Rencana Studi" dan klik "Tambah" untuk mendaftarkan KRS, lalu melakukan centang mata kuliah dan kelas yang akan diambil dengan mengklik "Tambah" dan klik "Cetak".
  3. Melakukan konsultasi, koreksi serta arahan mengenai mata kuliah yang diprogramkan dengan Dosen Pembimbing Akademik (PA).
  4. Jika Dosen Pembimbing Akademik belum setuju maka mahasiswa kembali ke langkah Nomor 1 dan 2 untuk mengubah mata kuliah yang diprogramkan.
  5. Mencetak KRS yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA) sebanyak 4 rangkap masing-masing untuk Fakultas, jurusan/ program studi, Dosen PA dan mahasiswa yang bersangkutan.
  6. Mahasiswa menandatangani KRS setelah mendapat persetujuan dari Dosen PA.
  7. KRS yang sudah disetujui dan ditandatangani oleh Dosen PA kemudian diserahkan ke Fakultas untuk diverifikasi oleh operator SIA online Fakultas.
  8. Mahasiswa yang hanya memprogramkan Tugas Akhir (Seminar/ Skripsi/Tesis/Disertasi) tetap wajib mengisi KRS online.
  9. Mengikuti perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas masing-masing.
  10. Mahasiswa masih diberi kesempatan merubah/menghapus KRS apabila ada mata kuliah yang jam perkuliahan bertabrakan dengan mata kuliah yang lain setelah minggu ke 2 dari masa perkuliahan, selanjutnya pelayanan KRS online ditutup.
  11. Mahasiswa yang terlambat mengisi KRS secara online dan terlambat menyerahkan ke fakultas disarankan untuk cuti kuliah.
Bagi mahasiswa yang kesulitan untuk akses ke sistem baik registrasi/ herregistrasi maupun pengisian KRS secara online dapat menghubungi petugas helpdesk di Gedung Belakang Ruang Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Universitas Mulawarman atau menghubungi kontak person panitia :
- Acmad Bisri, A. Amd.
HP. 081253387201
- Supianto, S.Kom.
HP. 085250323336
- M. Syahrian Noor, SP.
HP. 085246911784
- Agus Tri Haryono, S.Kom.
HP. 085247559718
- Dwi Rahmawati, S.Kom.
HP. 081347203868
- Operator SIA Fakultas masing-masing


Mahasiswa yang tidak membayar SPP, tidak melaksanakan registrasi/ herregistrasi dan tidak mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) online serta tidak menyerahkan KRS online ke Fakultas masing-masing pada waktu yang telah ditentukan tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademik Universitas Mulawarman.

Samarinda, 29 Desember 2012
an.
Rektor

Pembantu Rektor I,



Prof. Dr. Ir. H. Afif, M.Agr.

NIP. 19500418 197302 1 001


Notes:
·           Tata Cara Pembayaran Universitas Mulamarman, lihat disini
·           Biaya Kuliah Universiatas Mulawarman 2012/2013, lihat disini
·           Untuk Registrasi, silahkan klik disini

0 komentar:

Posting Komentar