PROSEDUR
OPERASIONAL STANDAR (POS)
REGISTRASI/HERREGISTRASI
DAN PENGISIAN
KARTU
RENCANA STUDI MAHASISWA SEMESTER GENAP
TAHUN AKADEMIK
2012/2013 UNIVERSITAS MULAWARMAN
(Akses Informasi di http://sireg.unmul.ac.id)
Alur Proses Registrasi / Heregistrasi |
Herregistrasi/registrasi mahasiswa
dilaksanakan oleh Bagian Pendidikan BAAK Unmul. Heregistrasi/Registrasi adalah
kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa, selama masih
aktif terdaftar dan belum lulus disuatu program studi yang ada dilingkungan
Universitas Mulawarman. Herregistrasi/registrasi dilaksanakan sebanyak
dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil dan semester genap.
Registrasi/herregistrasi dan
pengisian Kartu Rencana Studi mahasiswa pada semester genap
tahun akademik 2012/2013 di lingkungan Universitas Mulawarman
dilaksanakan secara online mulai tanggal 8 s/d 31 Januari 2013,
dengan alur sebagai berikut:
A.
Proses Herregistrasi
- Membayar SPP pada Bank mitra Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan BanKaltim.
- Bagi mahasiswa yang mengajukan penundaan pembayaran SPP dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor Universitas Mulawarman, sebelum pelaksanaan pembayaran SPP dan herrregistrasi dimulai.
- Bagi mahasiswa penerima Beasiswa BIDIKMISI sebelum herregistrasi harus menunjukkan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh BAUK Universitas Mulawarman kemudian diverifikasi oleh petugas helpdesk Bagian Keuangan BAUK Universitas Mulawarman.
- LOGIN ke sistem registrasi/herregistrasi online http://sireg.unmul.ac.id dengan menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), mengisi password portal akademik (password yang sama pada semester sebelumnya dan diberikan hanya satu kali sampai mahasiswa menyelesaikan studinya) serta memindahkan kode security.
- Melengkapi dan mengisi biodata di sistem online (jika ada perubahan data).
- Meng-Klik Tombol “Registrasi”. Pastikan nama anda sudah terdaftar dan telah melaksanakan herregistrasi pada semester genap tahun akademik 2012/2013.
B.
Proses Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)
- Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dilakukan setelah melewati proses registrasi/herregistrasi dengan mengakses sistem KRS online di Portal Akademik http://portal.unmul.ac.id dengan user ID NIM dan password yang sama pada semester sebelumnya.
- Mengklik tombol "Kartu Rencana Studi" dan klik "Tambah" untuk mendaftarkan KRS, lalu melakukan centang mata kuliah dan kelas yang akan diambil dengan mengklik "Tambah" dan klik "Cetak".
- Melakukan konsultasi, koreksi serta arahan mengenai mata kuliah yang diprogramkan dengan Dosen Pembimbing Akademik (PA).
- Jika Dosen Pembimbing Akademik belum setuju maka mahasiswa kembali ke langkah Nomor 1 dan 2 untuk mengubah mata kuliah yang diprogramkan.
- Mencetak KRS yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA) sebanyak 4 rangkap masing-masing untuk Fakultas, jurusan/ program studi, Dosen PA dan mahasiswa yang bersangkutan.
- Mahasiswa menandatangani KRS setelah mendapat persetujuan dari Dosen PA.
- KRS yang sudah disetujui dan ditandatangani oleh Dosen PA kemudian diserahkan ke Fakultas untuk diverifikasi oleh operator SIA online Fakultas.
- Mahasiswa yang hanya memprogramkan Tugas Akhir (Seminar/ Skripsi/Tesis/Disertasi) tetap wajib mengisi KRS online.
- Mengikuti perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas masing-masing.
- Mahasiswa masih diberi kesempatan merubah/menghapus KRS apabila ada mata kuliah yang jam perkuliahan bertabrakan dengan mata kuliah yang lain setelah minggu ke 2 dari masa perkuliahan, selanjutnya pelayanan KRS online ditutup.
- Mahasiswa yang terlambat mengisi KRS secara online dan terlambat menyerahkan ke fakultas disarankan untuk cuti kuliah.
Bagi mahasiswa yang
kesulitan untuk akses ke sistem baik registrasi/ herregistrasi maupun pengisian
KRS secara online dapat menghubungi petugas helpdesk di Gedung Belakang Ruang
Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK Universitas Mulawarman atau
menghubungi kontak person panitia :
-
Acmad Bisri, A. Amd.
|
HP.
081253387201
|
-
Supianto, S.Kom.
|
HP.
085250323336
|
-
M. Syahrian Noor, SP.
|
HP.
085246911784
|
-
Agus Tri Haryono, S.Kom.
|
HP.
085247559718
|
-
Dwi Rahmawati, S.Kom.
|
HP.
081347203868
|
-
Operator SIA Fakultas masing-masing
|
Mahasiswa yang tidak membayar SPP,
tidak melaksanakan registrasi/ herregistrasi dan tidak mengisi Kartu Rencana
Studi (KRS) online serta tidak menyerahkan KRS online ke Fakultas masing-masing
pada waktu yang telah ditentukan tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan
akademik Universitas Mulawarman.
Samarinda,
29 Desember 2012
|
|
an.
|
Rektor
|
Pembantu
Rektor I,
|
|
Prof.
Dr. Ir. H. Afif, M.Agr.
|
|
NIP.
19500418 197302 1 001
|
Notes:
·
Tata
Cara Pembayaran Universitas Mulamarman, lihat disini
·
Biaya
Kuliah Universiatas Mulawarman 2012/2013, lihat disini
·
Untuk
Registrasi, silahkan klik disini
0 komentar:
Posting Komentar