Sabtu, 15 Juni 2013

ASEAN Peringati Hari DEMAM BERDARAH

"ASEAN Peringati Hari DEMAM BERDARAH, dua tahun BERJUANG Melawan DBD"




Penyakit demam berdarah dengue atau yang disingkat sebagai DBD adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia.
Selama nyamuk aides aigypti tidak terkontaminasi virus dengue maka gigitan nyamuk dbd tersebut tidak berbahaya. Jika nyamuk tersebut menghisap darah penderita dbd maka nyamuk menjadi berbahaya karena bisa menularkan virus dengue yang mematikan. Untuk itu perlu pengendalian nyamuk jenis aedes aegypti agar virus dengue tidak menular dari orang yang satu ke orang yang lain.
Tepat satu tahun kemarin, telah di sampaikan pada 15 juni 2012 setelah peluncuran Hari Demam Berdarah, Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan kembali seruan mereka, pada semua sektor masyarakat untuk bersatu melawan penyakit.
Dengue tetap menjadi ancaman kesehatan masyarakat yang serius, dengan wilayah Asia Pasifik menanggung 75% dari beban penyakit global saat ini.
Dalam siaran persnya yang terlampir ke meja redaksi NRMnews dari situs resmi Asean.Org di sebutkan, bahwa ASEAN memiliki jumlah tertinggi infeksi dengue di Asia-Pasifik, dan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap status sosial-ekonomi dari negara anggota. Tema Perayaan tahun ini adalah, mencerminkan ” Persatuan ASEAN untuk komunitas Bebas – Demam Berdarah “, kebutuhan bersama untuk dapat bekerja sama dalam menemukan cara yang inovatif, guna meningkatkan kerjasama regional, sebagai satu komunitas dalam melawan DBD.
Negara Anggota ASEAN memegang kegiatan simultan untuk meningkatkan kesadaran tentang dengue, serta untuk memobilisasi sumber daya guna pencegahan dan pengendalian, yang melibatkan tidak hanya sektor kesehatan, melainkan juga sektor swasta dan para pemangku kepentingan di sektor publik.
Maka dari itu teman, mari kita cintai lingkungan dan kesehatan dengan menjaga kebersihan dengan 3M :
1. Menguras bak mandi
2. Mengubur barang bekas
3. Menutup wadah air

SUMBER :
“…NRMnews.com (Nasionalis Rakyat Merdeka news online)...”


#MenginspirasidanBerkarya

0 komentar:

Posting Komentar