Kamis, 29 Januari 2015

Blok Mahakam : Lumbung Ekonomi Kaltim ?

Blok Mahakam merupakan sebuah tuntutan rakyat kaltim dalam pengelolaan hasil kekayaan alam. Pengelolaan Blok Mahakan yang dirasa tidak menimbulkan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Daerah Kalimantan Timur.

Kami merasa bahwa hasil kekayaan alam Kalimantan Timur hanya dibawa pergi yang dianalogikan bahwa Kalimantan Timur hanya sebuah Sapi Perah bagi Negara Indonesia. Isu blok Mahakam telah lama menjadi perhatian bagi kalangan elit ESDM karena terdapat kekayaan alam yang melimpah ruah. Pengelolaan Blok Mahakam yang dikelola oleh Total dan akan berakhir pada 2017 menimbulkan banyak pertanyaan siapakah yang akan mengelola berikutnya? Akhirnya jatuh kepada PT. Pertamina.

Dalam proses penandatanganan kontrak, tidak terdapat hak Kalimantan Timur dalam pengelolaan blok Mahakam tersebut, serta kaltim akan mendapatkan hak pengelolaan 10% saja. Sementara itu, pemerintah Kalimantan Timur sangat menyesalkan atas pembagian sekecil itu.

Maka masyarakat Kalimantan Timur merasa bahwa mereka harus menaikkan nilai pengelolaan tersebut menjadi 30%, sebuah gerakan yang diinisiasi oleh KNPI Kaltim dalam aksi kreatifnya menuntut atas hak pengelolaan atas blok Mahakam. Aksi kreatif berjalan di Depan Kantor Gubernur tepat pada 29 Desember 2014 yang dihadiri oleh lebih 1000 masa dari ormas dan organda berbeda.


Kami BEM FEKON UNMUL akan mendukung apapun yang dilakukan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Sampai saat ini kami terus mengawal isu ini. (red : Dept. Advans, CP : 082351371025)

0 komentar:

Posting Komentar