Kamis, 29 Januari 2015

Rektor Baru, Harapan Baru

Tahun 2014 merupakan sebuah tahun yang sangat berbau politik. Kita menemukan adanya Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Umum serta yang paling hangat bagi Organisatoris atau Mahasiswa Universitas Mulawarman yaitu, Pemilihan Rektor. Tepat pada tahun 2014 Universitas Mulawarman mengadakan Pemilihan Rektor periode 2014-2018 yang dimana untuk menggantikan Rektor periode 2010-2014 yaitu Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid SE., SU.

Mengingat tahun 2014 yang bertepatan dengan Pemilihan Rektor, BEM Fakultas Ekonomi merasa terpanggil untuk mengawalnya. Pada saat ini, Gerakan Mahasiswa di Universitas Mulawarman terbagi menjadi dua poros besar, Koalisi BEM Fakultas se-Unmul dan Aliansi BEM se-Unmul. BEM Fekon Unmul, tergabung ke dalam Koalisi BEM Fakultas se-Unmul.

Banyak yang harus dibenahi di tataran Universitas Mulawarman untuk menjadi setidaknya Kampus yang dibanggakan bagi mahasiswanya. Banyaknya gedung mangkrak yang tidak terurus dan berbelitnya proses birokrasi membuat kami merasa harus bergerak untuk mengawal Pemilihan Rektor ini.

Proses konsolidasi dengan Koalisi kami membuat sebuah draft kontrak politik terhadap Calon Rektor Universitas Mulawarman “Klik disini”, yang secara keseluruhan merupakan aspirasi dari mahasiswa Fakultas Ekonomi yang diwakilkan secara resmi oleh lembaga-lembaga Fakultas Ekonomi. Adapun tuntutan kami yang terlampir dalam draft kontrak politik tersebut.

Tepat pada tanggal 16 Juli 2014 terselenggaranya Rapat Senat Terbuka untuk Pemilihan Rektor Universitas Mulawarman. Dalam agenda tersebut kami menyampaikan draft politik yang disampaikan oleh Rendy Purwadi yang pada saat itu masih menjabat Ketua BEM Fakultas Teknik.

Setelah rapat terbuka dari tujuh Bakal Calon Rektor
1.   Dr. Drs. Asnar, M.si
2.   Dr. Ir. Chandradewana Boer, M.sc
3.   Dr. Dharma Widada, ST., MT
4.   Prof. Dr. Masjaya, M.Si
5.   Prof. Dr. Ir. Sipon Muladi
6.   Prof. Dr. Susilo, S.Pd., M.Pd
7.   Prof. Dr. Zamruddin Hasid, SE., SU


Diantara tujuh bakal calon Rektor terseleksi tiga Calon Rektor yang diantaranya:
1.  Prof. Dr. Masjaya, M.si
2.  Prof. Dr. Zamruddin Hasid, SE., SU.
3.  Prof. Dr. Susilo, S.Pd., M.Pd
Diantara tiga Calon Rektor terpilih seorang Rektor Universitas Mulawarman yaitu,
Prof. Dr. Masjaya, M.si

Pelantikan rektor terpilih yang bertempat di Jakarta, menimbulkan banyak kontroversi yang menimbulkan pertanyaan “Mengapa harus di Jakarta? Apakah Rektor terpilih takut untuk dilantik di kampung halaman?”


Sudah lebih dari 100 hari pasca dilantiknya Rektor Universitas Mulawarman, sudah semestinya kita Mahasiswa Universtitas Mulawarman ikut mnegawasi jalannya Roda Kepemerintahan Bapak Masjaya di Universitas Mulawarman. (red : Dept. Advans, CP : 082351371025)

0 komentar:

Posting Komentar