Kamis, 29 Januari 2015

Kawal Anggaran

Anggaran merupakan kasus klasik dalam setiap pengawalan isu di Kampus. Anggaran yang selama ini tidak transparan membuat geram organisasi-organisasi kampus. Selama ini ada keluhan-keluhan bahwa “Anggaran Lembaga A Habis”. Habis? Bagaimana bisa? Berapa kuota anggaran yang didapatkan oleh masing-masing lembaga Fakultas Ekonomi?
Bukan hanya anggaran lembaga, dalam rangka penjaringan mahasiswa berprestasi juga kita menemukan hambatan dalam hal pendanaan. Pada umumnya, lomba karya tulis ilmiah merupakan lomba yang beranggotakan maksimal 3 mahasiswa. Namun, kami mendapatkan laporan bahwa birokrat tidak mampu membiayai minimal biaya transportasi untuk ketiga delegasi/anggota lombanya. Dan sering kali disangkutkan dengan anggaran lembaga, bila lembaga yang bersangkutan mengirimkan anggotanya untuk mengikuti lomba tingkat nasional.
Dalam beberapa pemaparan kasus diatas, maka kami Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi merasa bahwa harus ada tindakan menanggapi kasus diatas. Kami melayangkan surat tuntutan kepada pihak kampus, dalam rangka membahas anggaran kemahasiswaan.
Pada tanggal 31 Desember 2014, kami diundang rapat oleh birokrat dalam rangka membahas Fasilitas Kampus dan Penentuan Rapat Anggaran. Pada hari itu juga, kami mengadakan konsolidasi lembaga mengenai pembahasan tersebut, kami sepakat bahwa anggaran lembaga harus jelas dan harus dipisahkan dari anggaran mahasiswa berprestasi.
Dalam rapat tersebut, kami membahas mengenai fasilitas kampus yang menurut kami perlu ada perhatian khusus, dan pembahasan itu juga berasal dari laporan Advokasi BEM FEKON UNMUL. Pembahasan fasilitas kampus ini terbilang “rame” karena tidak ada pihak yang ingin disalahkan (akan lebih lanjut dibahas dalam edisi #KawalFasilitas). Sampai rapat usai, kami belum sempat membahas penentuan rapat anggaran.
Sampai saat ini, kami belum mendapatkan kejelasan dari pihak birokrat. Sampai saat ini juga kami terus mengawal tentang anggaran kemahasiswaan Fakultas Ekonomi. (red : Dept. Advans, CP : 082351371025)

0 komentar:

Posting Komentar